img_head
PENGUMUMAN

Pengumuman Pengembalian Sisa Panjar Biaya Perkara dan Uang yang Dikonsinyasikan

Jul03

Konten : Pengumuman hukum
Telah dibaca : 77 Kali

PENGUMUMAN PENGEMBALIAN SISA PANJAR BIAYA

PERKARA DAN UANG YANG DIKONSINYASIKAN

NOMOR : W26-U15/762/HK.02/7/2020

Memperhatikan surat Direktur Jenderal badan  Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 613/DJU/PS.01/6/2020 tanggal 17 Juni 2020 Hal Pedoman Kepatuhan Pemberitahuan Pengembalian Sisa Panjar Biaya Perkara terkait dengan pelaksanaan Surat Edaran Mahkamah Agung nomor 04 Tahun 2008 tanggal 13 Juni 2008 tentang Pemungutan Biaya Perkara, dengan ini diberitahukan hal-hal sebagai berikut :

  1. apabila pada  hari sidang pengucapan putusan/penetapan para pihak hadir lengkap, supaya pihak berperkara yang berhak segera mengambil kelebihan biaya perkara yang tidak terpakai (sisa panjar biaya perkara) pada Kepaniteraan Muda Perdata Pengadilan Negeri Labuan  Bajo, tetapi apabila para pihak tidak hadir maka pengambilan kelebihan biaya perkara  tersebut akan diumumkan/ diberitahukan kemudian kepadanya. Tetapi apabila tidak diambil dalam jangka waktu 6 (enam) bulan sejak diputus atau diumumkan/ diberitahukan, maka akan dikeluarkan dari Buku Jurnal Keuangan perkara yang bersangkutan dan dicatat dalam buku tersendiri sebagai uang tak bertuan (1948 KUHP Perdata),  selanjutnya uang tak bertuan tersebut disetor secara berkala ke Kas Negara.
  2. apabila ada uang yang dikonsinyasikan oleh pihak-pihak yang berhubungan dengan Pengadilan Negeri Labuan Bajo, maka wajib disimpan di Bank. Apabila menghasilkan jasa Giro, maka uang jasa giro tersebut wajib disetor kepada Negara.
  3. Pengadilan secara berkala akan menginformasikan sisa panjar biaya perkara melalui website: pn-labuanbajo.go.id atau papan pengumuman pengadilan Negeri Labuan Bajo.

Untuk lebih jelasnya dapat diunduh disini.